Minggu, 06 Januari 2013

Tentang Imam al-Gozali



Masterpiece sang guru besar al-Imam abu hamid al-Gozali r.a, selama kurang lebih 70 tahun, beliau al-Gozali banyak menulis berbagai kitab dalam sejumlah bidang yang dikuasainya. Mulai dari fikih, ushul fiqih, mantiq, tasawuf (sufisme), filsafat (philosophy), akidah, raddu syubhat dan tema lainnya.
 

Nama lengkapnya ialah Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad al-Gozali Altusi, mendapat gelar Imam Besar Abu Hamid al-Gozali, Hujjatul Islam wal Muslimin Imam al-Gozali yang dilahirkan pada tahun 450 H/1058 M, di suatu kampung bernama Ghazalah, Thuus, suatu kota di Khurasan, Iran. Ia keturunan Persia dan mempunyai hubungan keluarga dengan raja-raja Saljuk yang memerintah daerah Khurasan, Jibal, Irak, Jajirah, Persia dan Ahwaz.

Ayahnya seorang miskin yang jujur, hidup dari usaha sendiri, bertenun kain bulu dan ia sering kali mengunjungi rumah para ulama, menuntut ilmu dan berbuat jasa kepada mereka, ia (ayah al-Gozali) sering berdoa kepada Allah agar diberikan anak yang pandai dan berilmu, Akan tetapi beliau belum sempat menyaksikan (menikmati) jawaban Allah (karunia) atas doanya, ia meninggal dunia pada saat putra idamannya masih usia anak-anak.

Sudah menjadi maklumat (terkenal) bahwa Imam al-Gozali sebagai penulis produktif yang handal. Sejumlah karyanya kini tersebar ke seluruh penjuru dunia. berikut ini buku karya imam al-Gozali :
1.    Arba’in Fi Ushuliddin merupakan juz kedua dari kitabnya, Jawahir Alquran.
2.    Qawa’id al-Aqaid yang disatukan dengan Ihya` Ulumuddin pada jilid pertama.
3.    Al Iqtishad Fil I’tiqad.
4.    Tahafut Al Falasifah berisi bantahan al-Gozali terhadap pendapat dan pemikiran para
5.     filsuf, dengan menggunakan kaidah mazhab Asy’ariyah.
6.    Faishal At-Tafriqah Bayn al-Islam Wa Zanadiqah.
7.    Bidang Usul Fikih, Fikih, Filsafat, dan Tasawuf
8.    Al-Mustashfa Min Ilmi al-Ushul
9.    Mahakun Nadzar
10.  Mi’yar al’Ilmi
11.  Ma’arif al-`Aqliyah
12.  Misykat al-Anwar
13.  Al-Maqshad Al-Asna Fi Syarhi Asma Allah Al-Husna
14.  Mizan al-Amal
15.  Al-Madhmun Bihi Ala Ghairi Ahlihi
16.  Al-Ajwibah alGozaliyah Fi al-Masa1il Ukhrawiyah
17.  Ma’arij al-Qudsi fi Madariji Ma’rifati An-Nafsi
18.  Qanun At-Ta’wil
19.  Fadhaih Al-Bathiniyah
20.  Al-Qisthas Al-Mustaqim
21.  Iljam al-Awam ‘An ‘Ilmi al-Kalam
22.  Raudhah ath-Thalibin Wa Umdah al-Salikin
23.  Ar-Risalah Al-Laduniyah
24.  Ihya Ulumuddin
25.  Al-Munqidzu Min adl-Dlalal
26.   Al-Wasith
27.  Al-Basith
28.  Al-Wajiz
29.  Al-Khulashah
30.  Minhajul Abidin ilal Jannah.

Masih banyak lagi karangan beliau. Begitu banyak kitab yang dihasilkan, menunjukkan keluasan ilmu yang dimiliki oleh al-Gozali. Ia merupakan pakar dan ahli dalam bidang fikih, namun menguasai juga tasawuf, filsafat, dan ilmu kalam. Sejumlah pihak memberikan gelar padanya sebagai seorang Hujjatul Islam.

Ihya ‘Ulum al-Din; Magnum Opus al-Gozali Salah satu karyanya yang sangat terkenal di dunia adalah kitab Ihya` Ulumuddin. Kitab ini merupakan magnum opus atau masterpiece al-Gozali.
Bahkan, kitab ini telah menjadi rujukan umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia dalam mempelajari ilmu tasawuf. Di dalamnya, dijelaskan tentang jalan seorang hamba untuk menuju kehadirat Allah. Saking luas dan dalamnya pembahasan ilmu tasawuf (jalan sufi) dalam karyanya ini, sejumlah ulama pun banyak memberikan syarah atas kitab ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar