Senin, 28 Januari 2013

Peranan Dan Fungsi Pondok Pesantren Dalam Membangun Dunia Pendidikan

Oleh Adlan Mamnun : Pendidikan Islam di Indonesia merupakan warisan peradaban Islam dan sekaligus aset bagi pembangunan pendidikan nasional. Sebagai warisan, ia merupakan amanat sejarah untuk di pelihara dan dikembangkan oleh ummat Islam dari masa ke masa. Sedangkan sebagai aset, pendidikan Islam yang tersebar diberbagai wilayah ini membuka kesempatan bagi bangsa Indonesia yang beragama Islam untuk mengelolanya dengan baik.

Berbicara soal sistem pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari peranan dua jenis lembaga pendidikan Islam, yaitu “ Madrasah dan Pondok Pesantren “. Madrasah dikenal sebagai lembaga pendidikan formal, sedangkan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan non-formal.





Di lihat dari sisi sejarah, pesantren tidak hanya mengandung nilai keislaman, tetapi juga mengandung nilai keaslian yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia, sehingga sejak tahun 1970-an bersamaan dengan program modernisasi pondok pesantren, mulai membuka diri untuk mempelajari pelajaran umum. Memang pada mulanya tujuan utama dari pondok pesantren adalah menyiapkan santri-santrinya untuk mendalami ilmu pengetahuan agama.

Pertumbuhan dan perkembangan pondok pesantren yang sangat pesat membuat lembaga pendidikan agama non-formal ini mengalami kenaikan jumlah yang signifikan dari masa ke masa, dengan kapasitasnya yang menyuguhkan spesialisasi kajian baik tradisional ataupun modern, maka pondok pesantren membawa dampak positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan di negara ini. Jadi kehadiran pondok pesantren secara jelas dan nyata telah membantu pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pondok pesantren menyimpan kekuatan yang sangat luar biasa untuk menciptakan keseluruhan aspek lingkungan hidup dan dapat memberi informasi yang berharga dan urgen dalam mempersiapkan kebutuhan yang inti untuk mencapai masa depan, kenyataan ini bahwa pondok pesantren hingga kini masih berperan penting dalam tiga hal, yaitu :

Pertama : Pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan pengkaderan ulama, fungsi ini tetap melekat pada pondok pesantren, karna ia adalah satu-satu lembaga pendidikan yang melahirkan ulama. Namun walau demikian tuntutan modernisasi dan globalisasi mengharuskan ulama memiliki kemampuan lebih, kapasitas intlektual yang mamadai, wawasan, akses pengetahuan dan informasi yang cukup serta responsif terhadap perkembangan dan perubahan.

Kedua : Pondok Pesantren sebagai lembaga pengembangan ilmu dan pengetahuan khususnya agama Islam, dan pada tataran ini pondok pesantren memiliki peranan yang sangat besar dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan agama yang dalam pendidikan formal sering terabaikan.

Ketiga : Pondok Pesantren sebagai transformator, motivator dan inovator. Kehadiran pondok pesantren dewasa ini telah memainkan perannya sebagai fungsi itu, meskipun dalam tataran tertentu masih perlu di kembangkan lebih lanjut, sebagai salah satu subsistem sosial pondok pesantren memiliki kekuatan dan daya tawar untuk melakukan perubahan-perubahan yang berarti.

Sebagai kajian analisis peranan pondok pesantren dalam membangun dunia pendidikan, bahwa pondok pesantren memiliki kontribusi besar dalam membangun ilmu pengetahuan agama, karakter dan keperibadian santri-santrinya sebagai anak-anak bangsa, kemudian peranan ini berdampak positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan pondok pesantren di Indonesia yang notebene didirikan oleh santri-santri cerdas selepas mereka menyelesaikan pendidikannya di pondok pesantren, seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan itu, jumlah madrasah juga ikut meningkat lantaran pondok pesantren yang didirikan biasanya memiliki madrasah sebagai alternatif pendidikan formal, Oleh karna itu, perkembangan pondok pesantren selama ini diyakini sebagai salah satu faktor penting dalam membantu pertumbuhan madrasah di tanah air.

Sebagai ilustrasi dari kajian analisis diatas, “ Bahwa sebagian pihak memandang pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di pondok pesantren agar ia dapat menyesuaikan dengan kebutuhan zaman “.

Sementara menurut penulis “ Bila kita lihat dari uraian diatas, bahwa pondok pesantren memiliki peranan dan fungsinya yang sangat besar dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan agama, tidak menutup kemungkinan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologipun di kembangkan di pondok pesantren sebagai acuan kajian dari bidang suatu keilmuan tertentu yang sesuai dengan tuntutan ajaran agama Islam dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai suatu tolok ukur peradaban umat manusia dalam menjalani kehidupannya “, kalau itu menjadi persoalannya.

Lebih lanjut di katakan oleh penulis, bahwa bidang-bidang ilmu yang di kembangkan pada pondok pesantren selalu disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan zaman, bahkan issu-issu ke-kinian dari modernisasi dan globalisasi sebagai salah satu dampak perkembangan teknologi, di pondok pesantrenpun telah diajarkan secara mendalam melalui ilmu-ilmu yang di pelajari oleh santri-santrinya, hanya saja penerapannya harus disesuaikan dengan ajaran-ajaran agama sebagai filterisasi akan dampak negatif dari arus modernisasi dan globalisasi.

Hal ini dapat kita buktikan dari arti pondok pesantren secara harfiah, bahwa pondok pesantren terdiri dari dua suku kata, yakni “ Pesan dan Tren “ berarti pondok pesantren adalah “ Suatu Pesan Yang Bersifat Ke-kinian atau Ngetren ”. jadi ilmu-ilmu pengetahuan yang di transfer di pondok pesantren pada santri-santrinya adalah hal-hal atau perkara yang bersifat terbaru/ngetren sesuai dengan kebutuhan zaman, tentunya sesuai dari suatu bidang ilmu tertentu yang di pelajarinya.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum,
    Maaf pak sebelumnya, "3 peran penting pondok pesantren"itu diambil dr buku mana y?

    BalasHapus